Gantikan Mourinho, Ryan Mason Pelatih Termuda Dalam Sejarah Liga Primer Inggris

Diposting pada

Ryan Mason bakal memecahkan rekor pelatih Liga Inggris termuda saat memimpin Tottenham Hotspur di laga kontra Southampton. Pria 29 tahun ditunjuk menggantikan Jose Mourinho yg baru didepak.

Debut Mason sebagai pelatih kepala akan terjadi saat Tottenham menjamu Southampton di Tottenham Hotspur Stadium, London, Kamis (22/4/2021) dini hari. Di usia yg belum masuk 30, Mason akan jadi pelatih termuda dalam sejarah kompetisi.

Mason bukan sosok asing bagi Tottenham Hotspur. Dia sebelumnya menjabat anggota staf kepelatihan di akademi klub yg bertugas memantau perkembangan pemain muda di UEFA Youth League.

Pria kelahiran London, Juni 1991, juga pernah berseragam pemain Tottenham Hotspur di periode 2009-2016 sebelum pensiun dini karena cedera kepala. Insiden tersebut mengakhiri kariernya sebagai pemain.

Pada tahun 2016, Tottenham melepas Ryan Mason ke Hull City dengan nilai transfer sekitar 15 juta euro. Kerika bermain untuk Hull, Mason dibekap cedera kepala akibat benturan dengan bek Chelsea Gary Cahill.

Artikel Terkait
  • Photo of Sudah Bantu Chelsea Singkirkan Man City, Ziyech Mengaku Belum Tampil Maksimal

    Sudah Bantu Chelsea Singkirkan Man City, Ziyech Mengaku Belum Tampil Maksimal

Insiden tersebut menciptakan dokter terpaksa menyematkan 14 plat baja di kepalanya. Ryan Mason pun memutuskan pensiun sebagai pemain.

Sebelum Mason, klub Liga Inggris sebetulnya sudah cukup akrab dengan sentuhan tangan pelatih-pelatih muda. Pada 1998, Crystal Palace pernah mempekerjakan Attilio Lombardo yg berusia 32 tahun 67 hari sebagai pelatih.

Chelsea juga pernah merekrut Andre Villas-Boas sebagai pelatih ketika usianya baru 33 tahun. Pada saat itu, pemilik klub -Roman Abramovich- tertarik mendatangkan Villas-Boas setelah membawa Porto treble winners pada musim 2011-2012.