ibl 2021

IBL 2021 Direncanakan akan Digelar Maret 2021

Diposting pada

Pertandingan Indonesian Basketball League (IBL) Pertamax 2020 antara klub NSH Jakarta dan Bank BPD DIY Bima Perkasa. SETELAH munculnya informasi yang menyatakan bahwa kompetisi sepakbola Liga 1 telah mendapat lampu hijau dari pihak Kepolisian. Pihak Indonesia Basketball League (IBL) langsung merencanakan persiapan penyelenggaraan kompetisi bola basket pada bulan Maret mendatang. Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah dalam keterangan resminya mengungkapkan saai ini pihaknya tengah mempersiapkan dokumen perizinan terkait penyelenggaraan IBL musim 2021.

“Semoga IBL 2021 bisa bergulir pada bulan Maret, selain mempersiapkam dokumen perizinan kami juga akan mempertajam persiapan teknis,” ujar Junas dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis, (4/2) Disebutnya, kesiapan pihaknya untuk penyelenggaraan kompetisi ditengah pandemi pada Maret 2021 mendatang sudah 90 persen. Hal itu dikarenakan, sejatinya IBL sudah menyiapkan protokol kesehatan dan telah mendapatkan rekomendasi dari semua pihak terkait untuk menggelar kompetisi pada bulan Januari lalu. Namun dikarenakan adanya aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali, IBL 2021 pun terpaksa di undur.

“Secara teknis sudah 90-95 persen sudah siap. Penyelenggaraan Ini bukan semata-mata membuat kegiatan, tapi kami mau membantu industri olahraga menemukan formula yang tepat agar bisa digelar ditengah pandemi,” ujarnya. Dijelaskannya, IBL sudah meramu konsep kompetisi sesuai demgan protokol kesehatan. Dimana nantinya mereka akan menerapkan karantina atau bubble untuk menutup akses keluar masuk pemain atau komponen lainnya secara bebas.

“Protokol sudah disimulasikan berkali-kali. Sistem yang kami buat adalah Bubble, jadi semua peserta, tim wasit dan panitia di karantina di satu tempat,” terangnya. “Tiga kali tes baru bisa masuk wilayah tersebut. Lokasi karantina akan tertutup dari awal sampai akhir, tidak boleh ada yang masuk di (arena) Kelapa Gading. Bila ada yang melanggar, kita langsung keluarkan,” imbuhnya. Diketahui, Setelah pembatalan kompetisi musim 2020 kemarin, kini disinyalir ada angin segar bagi kompetisi sepak bola Liga 1 Indonesia untuk musim 2021 mendatang.

Kini muncul informasi bahwa kompetisi sepakbola Liga 1 telah mendapat lampu hijau dari pihak Kepolisian dan diperkirakan dapat dilaksanakan tahun ini. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Kerja Sama Baintelkam Polri, Kombes Pol.Budi Sajidin dalam diskusi online, yang diadakan SIWO Pusat, Rabu (3/2). “Lampu hijaunya adalah, kemarin saya mendapat informasi dari Asops Kapolri Irjen Imam Sugianto, yang menyatakan bahwa untuk kegiatan liga 1 sepak bola kemungkinan ini bisa dilaksanakan. Ini sudah dipertimbangkan untuk bisa dilaksanakan tanpa penonton,” ujar Budi.

Dalam kesempatan tersebut Budi juga menjelaskan mengapa selama ini izin keramaian tidak dikeluarkan oleh Polri. Menurutnya tidak keluarnya izin keramaian untuk kompetisi olahraga hingga hari ini nyatanya merupakan bagian dari instruksi Kapolri melalui telegram pada November tahun lalu yang melarang keluarnya izin keramaian di seluruh Indonesia. Ia pun menyebut hingga saat ini belum ada pencabutan instruksi dan sehingga pemberian izin keramaian tidak boleh dilaksanakan.

Karena itulah dari pihak kepolisian dari tingkat mabes Polri hingga ke Polsek tidak boleh mengeluarkan izin keramaian. (Rif/OL-09)

Sumber: https://mediaindonesia.com/olahraga/382477/ibl-2021-direncanakan-akan-digelar-maret-2021