Lini Pertahanan Juventus Lagi Rapuh!

Diposting pada

Beberapa tahun yg lalu, trio BBC membikin lini pertahanan Juventus jadi disegani regu lawan. Sekarang bentengnya sudah jauh berbeda dikarenakan usia ketiga pemain tersebut yg semakin menua.

Trio BBC tersebut beranggotakan Giorgio Chiellini, Andrea Barzagli & Leonardo Bonucci. Barzagli sendiri sudah gantung sepatu sejak tahun 2019, sempat menjalani karir sebagai salah satu regu pelatih Bianconeri, sebelum hubungannya dengan dunia sepak bola usai.

Sekarang yg tersisa hanyalah Bonucci & Chiellini. Keduanya, sejatinya, sudah memasuki usia pensiun. Terutama Chiellini yg sudah berusia 36 tahun. Namun pada akhirnya, mereka harus bertahan karena Juventus belum menemukan suksesornya.

Juventus sendiri sudah berupaya mendatangkan bek-bek muda berbakat & sekarang sedang mengembangkan Matthijs De Ligt serta Merih Demiral. Namun hingga saat ini, keduanya belum sanggup menggeser Chiellini & Bonucci dari starting XI.

Situasi ini menciptakan kualitas pertahanan Juventus kian menurun. Sebenarnya, di awal tahun 2021, pertahanan Bianconeri sempat menunjukkan tanda-tanda positif dengan torehan lima kebobolan dari 12 pertandingan.

Artikel Terkait
  • Photo of Bertanding Lagi, Inter Milan Berambisi Raih Poin Maksimal di Markas Bologna

    Bertanding Lagi, Inter Milan Berambisi Raih Poin Maksimal di Markas Bologna

Namun perlahan, torehan apik itu terlupakan. Berganti ke raihan buruk di mana mereka belum mencatatkan clean sheet dalam tujuh pertandingan terakhirnya. Dan dalam tujuh laga tersebut, mereka kebobolan sebanyak sembilan kali.

Secara keseluruhan di musim ini, Juventus sudah kebobolan 27 kali dari 30 pertandingan. Bukan torehan yg buruk, memang, tetapi tidak sebaik musim lalu ketika masih ditukangi Maurizio Sarri.

Berdasarkan catatan dari Football Italia, Juventus asuhan Maurizio Sarri cuma kebobolan sebanyak 26 gol pada titik yg sama musim lalu. Walaupun pada akhirnya, mereka membukukan 43 kebobolan di pekan terakhir Serie A.

Rekor kebobolan terburuk Juventus dalam masa kepelatihan Massimiliano Allegri sendiri cuma 30 gol saja. Mengingat masih ada delapan laga yg belum dimainkan pada musim ini, cukup memungkinkan jumlah kebobolan Juventus bakalan bertambah.

Rekor tersebut dibukukan sebelum Allegri hengkang. Sebelum itu, cuma sekali Juventus kebobolan lebih dari 25 gol, yakni di musim 2016/17. Sementara rekor terbaiknya adalah ketika Juventus cuma kebobolan 20 gol di musim 2015/16.

Pirlo wajib membenahi permasalahan di lini pertahanan ini kalau masih bertekad menduduki posisi runner-up pada akhir musim. Saat ini, mereka cuma tertinggal satu angka dari AC Milan yg sedang berada di peringkat ke-2.